Kamis, September 07, 2017

# Inspirasi Anak Nagari # Pendidikan

Mengenal Inspirasi Anak Nagari Lebih Dekat

Yuk kita mengenal tentang Inspirasi Anak Nagari lebih dekat. Mulai dari apa yang melatarbelakangi Inspirasi Anak Nagari dibentuk, apa dasar pemikirannya, manfaat dan tujuan yang ingin dicapai serta jenis kegiatan apa saja yang diusung.

Yuk langsung saja kita bahas satu per satu.


  1. PENDAHULUAN
Perkembangan zaman yang begitu pesat di semua aspek kehidupan menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu pula yang menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya peran pendidikan dalam mengontrol dampak dari pesatnya perkembangan tersebut. Berbagai usaha yang ditujukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik secara formal maupun informal diharapkan dapat mengantarkan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda nagari kita ke dalam kancah persaingan global.

Sebagian dari kita hari ini telah mendapatkan kesempatan untuk berprofesi yang baik dan hidup lebih sejahtera. Hadirnya kaum profesional di tengah-tengah kita merupakan salah satu bukti nyata bahwa pendidikan adalah pembuka pintu kesempatan dan eskalator sosial ekonomi. Keberhasilan kita saat ini pun tidak lepas dari peran dan perjuangan para pejuang bangsa di masa lampau. Semangat juang tersebut juga harus diwariskan dan dilestarikan sampai akhir zaman. Atas kesadaran itulah terbentuk “Inspirasi Anak Nagari”.

Inspirasi Anak Nagari adalah sebuah gerakan peduli dari masyarakat khususnya para pemuda daerah untuk membangun nagari melalui beberapa kegiatan yaitu Inspirasi pendidikan tinggi, inspirasi profesi, inspirasi buku, dan inspirasi beasiswa. Kegiatan ini berlandaskan pepatah “barek samo dipikul, ringan samo dijinjiang”. Artinya kita berjuang bersama-sama untuk membangun nagari terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusianya sebagai penggerak kemajuan kampung. Diharapkan anak cucu generasi penerus kita dapat menjadi ujung tombak kemajuan kampung di masa mendatang.

  1. DASAR PEMIKIRAN
Pendidikan di kampung khususnya di Nagari Balimbing masih rendah. Hal itu terbukti dengan masih sedikitnya adik-adik/kawan-kawan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Minimnya pengetahuan dan informasi mengenai sarana dan prasarana pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia, serta terbatasnya akses terhadap informasi tersebut membuat masyarakat nagari kita jauh tertinggal. Oleh karena itu, kami generasi muda nagari yang telah terlebih dahulu memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi berinisiatif untuk memfasilitasi adik-adik/ kawan-kawan di kampung untuk mencapai cita-cita mereka melalui kegiatan yang disebut dengan “Inspirasi Anak Nagari”. Kami generasi muda memiliki keinginan besar untuk “mambangkik batang tarandam”. Kami ingin memajukan kampung sehingga masyarakat memiliki taraf kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

  1. TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN
·         Memfasilitasi adik-adik/ kawan-kawan di kampung dengan berbagai kegiatan positif seperti kelas inspirasi, berbagi cerita, pengadaan perpustakaan nagari, dan beasiswa
·         Memberikan eksposur positif kepada generasi muda untuk menumbuhkan cita-cita mengenai dunia pendidikan dan profesi yang dapat digeluti di masa mendatang
·         Mengajak berbagai pihak, khususnya para professional dan mahasiswa, untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan di Nagari Balimbing
·         Memberikan pengalaman kepada relawan untuk menjadi pengajar, berinteraksi dan menginspirasi anak-anak terkait dengan profesi atau pendidikan yang tengah digeluti
·         Meningkatkan minat baca masyarakat khususnya generasi muda melalui kegiatan Inspirasi Buku
·         Membantu biaya pendidikan adik-adik/ kawan-kawan melalui kegiatan Inspirasi Beasiswa
·         Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap dunia pendidikan

  1. KEGIATAN

Inspirasi Anak Nagari Program


 1.      Inspirasi Profesi

Inspirasi Profesi adalah sumbangsih yang dilakukan oleh para profesional Nagari Balimbiang untuk mengenalkan berbagai profesi kepada adik-adik/ kawan-kawan di kampung. Uda/ Uni akan berbagi cerita pengalaman yang menginspirasi dan memperkenalkan banyak profesi yang dapat digeluti adik-adik di masa mendatang dengan cara yang menarik. Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di Nagari Balimbing. Output dari kegiatan ini adalah adik-adik dapat mengenal lebih banyak profesi yang dapat digeluti, tidak hanya guru, dokter atau polisi, serta mereka memiliki keberanian yang besar untuk bercita-cita lebih tinggi. Melalui kegiatan ini diharapkan semua pihak dapat bersatu padu dalam memajukan nagari kita. Pelaksanaan kegiatan direncanakan pada tanggal 11-15 Juli 2016 (tentatif) di sekolah dasar (SD) terpilih di Nagari Balimbing.


2.      Inspirasi Pendidikan Tinggi

Inspirasi pendidikan tinggi merupakan keterlibatan mahasiswa dan profesional dalam pengenalan perguruan tinggi dan universitas kepada adik-adik di kampung sehingga adik-adik/ kawan-kawan memiliki pengetahuan mengenai pendidikan tinggi lebih dini serta menumbuhkan keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) sederajat. Output dari kegiatan ini adalah meningkatkan jumlah generasi muda yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Secara teknis uda/ uni mahasiswa dan profesional akan berbagi cerita mengenai dunia perkuliahan, jurusan, pekerjaan yang nanti digeluti, jalur masuk perguruan tinggi, hingga bagaimana cara memperoleh beasiswa. Selain itu uda/ uni memotivasi adik-adik untuk mengejar cita-cita setinggi mungkin.


3.      Inspirasi Buku
Inspirasi Buku merupakan kegiatan jangka sedang dari rangkaian kegiatan Inspirasi Anak Nagari. Implementasi kegiatan ini berupa pengadaan ruang baca publik atau perpustakaan nagari yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Koleksi buku dapat berasal dari pengadaan dari pengurus kegiatan Inspirasi Anak Nagari, sumbangan dari masyarakat maupun donasi dari pihak luar. Output dari kegiatan ini adalah meningkatnya minat baca masyarakat khususnya generasi muda sehingga dapat menambah wawasan dan membuka cakrawala generasi muda nagari. Output jangka panjang yang diharapkan adalah terbentuknya generasi yang berkualitas sehingga memiliki daya saing di kancah global.

4.      Inspirasi Beasiswa

Inspirasi beasiswa merupakan perencanaan jangka panjang dari rangkai kegiatan Inspirasi Anak Nagari. Sasaran kegiatan ini adalah adik-adik/ kawan-kawan lulusan Sekolah menengah atas (SMA) yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tetapi memiliki masalah finansial. Output kegiatan ini adalah pemberian beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan (kuliah) kepada calon mahasiswa yang mengalami masalah finansial. Dana berasal dari donatur internal dan eksternal Nagari Balimbing.


5.      Dialog Inspirasi
Dialog Inspirasi merupakan berbagi informasi bertajuk seminar yang dilaksanakan di Nagari Balimbing. Melalui Dialog Inspirasi diharapkan pengetahuan masyarakat nagari pada umumnya dan anak nagari khususnya dapat bertambah terkait pendidikan dengan didatangkanya ahli dibidangnya masing-masing untuk berbicara, bercerita dan berbagi pengalaman langsung dalam kegiatan yang digelar.


(DBY/2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates